LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Sari, Salmaqonita Khusnul Irvani and Siahaan, Sahat Manampin (2025) LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. Jurnal Ilmiah Pamenang, 7 (1): 9. pp. 82-89. ISSN 2715-6036

[thumbnail of Similarity] Text (Similarity)
LITERATURE REVIEW_ HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam menilai mutu pelayanan kesehatan dan mencerminkan efektivitas pelayanan yang diberikan. Sebagai profesi yang paling sering melakukan kontak dengan pasien, kinerja perawat memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Tinjauan literatur menggunakan metode naratif. Artikel penelitian diperoleh dari Google Scholar dan Portal Garuda. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah kinerja perawat, kepuasan pasien, dan rawat inap. Terdapat 10.700 artikel yang terkait dengan kata kunci yang telah disebutkan. Setelah dilakukan seleksi artikel bedasarkan waktu, full text dan tema yang dibuat penulis, didapatkan 10 artikel dengan tema dan kriteria yang sesuai. Bedasarkan 10 artikel yang ditemukan, 9 artikel menyatakan bahwa kinerja perawat dalam memberikan pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap dan 1 artikel menyatakan bahwa kepuasan pasien pada ruang rawat inap tidak dipengaruhi oleh kinerja perawat melainkan faktor lain seperti faktor kebersihan dan kenyamanan ruang rawat inap, ketersediaan dan kebersihan alat kesehatan, penampilan petugas kesehatan yang rapi serta pelayanan profesi lain dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di rawat inap. Oleh karena itu penting untuk melakukan pengukuran kinerja perawat dan kepuasan pasien secara berkala dan mengevaluasinya.

Item Type: Article
Kata Kunci: kinerja, kinerja perawat, kepuasan pasien, perawat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Karya Dosen > Dokter Gigi
Depositing User: admin
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:48
Last Modified: 11 Sep 2025 06:48
URI: http://eprints.iik.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item
View Item