Analisis Durasi dan Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar

Santoso, Wira Surya Dinata and Hasan, Tsabit Aqdamal and Adillah, Tantowi Rista and Fauzi, Mohammad Ilham and Prodyanatasari, Arshy (2025) Analisis Durasi dan Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar. WISDOM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wisdom, 2 (1). pp. 226-237. ISSN 3031-9366

[thumbnail of Similarity] Text (Similarity)
ANALISIS DURASI DAN DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini, gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan software yang pesat pada gadget memungkinkan kita mengakses berbagai aplikasi untuk komunikasi, hiburan, maupun pembelajaran. Penggunaan gadget tidak lagi terbatas pada usia tertentu, sehingga banyak anak-anak, termasuk siswa SDN Bandar Kidul 01 Kota Kediri, yang menggunakan gadget dalam kegiatan sehari-hari mereka. Permasalahan yang muncul adalah seberapa sering intensitas penggunaan gadget oleh siswa sekolah dasar ini dan dampaknya terhadap kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis durasi penggunaan gadget dan dampaknya terhadap siswa SDN Bandar Kidul 01 Kota Kediri, dengan fokus pada aspek akademik, kesehatan, dan sosial. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui pendekatan penyuluhan dan pengisian kuesioner oleh siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa menggunakan gadget selama 1-2 jam per hari, dengan tujuan utama bermain game dan menonton video sebagai hiburan. Dampak negatif meliputi penurunan fokus belajar pada siswa, gangguan kesehatan seperti kelelahan mata pada siswa, serta berkurangnya interaksi sosial pada siswa. Di sisi lain, penggunaan gadget untuk aplikasi edukasi dilaporkan mendukung proses belajar pada siswa. Hasil ini menekankan pentingnya pengawasan dari orang tua dan guru untuk mengatur penggunaan gadget secara bijak. Dengan pengelolaan waktu yang baik, dampak negatif dapat diminimalkan dan manfaat gadget dalam mendukung pendidikan dapat dioptimalkan.

Item Type: Article
Kata Kunci: Gadget, Durasi penggunaan, Dampak, Siswa SD, Akademik, Kesehatan, Sosial
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Karya Dosen > Fisioterapi
Depositing User: admin
Date Deposited: 13 Mar 2025 04:27
Last Modified: 13 Mar 2025 04:27
URI: http://eprints.iik.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item
View Item