Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Mahasiswa Profesi Dokter Gigi RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri

Kusumastiti, Anisa Ramadhani and Furaida, Fathien and Rosandi, Basma (2022) Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Mahasiswa Profesi Dokter Gigi RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal PIKES, 3 (1). pp. 27-37. ISSN 2797-0280

[thumbnail of Similatiry] Text (Similatiry)
Hubungan_waktu_tunggu_pelayanan_gigi_dan_mulut_terhadap_kepuasan - Pusat Pengembangan Usaha Bisnis dan Inovasi IIK BW.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Peer Review B. Anisa] Text (Peer Review B. Anisa)
hasil peer review Anisa - Pusat Pengembangan Usaha Bisnis dan Inovasi IIK BW.pdf - Published Version

Download (998kB)

Abstract

Latar Belakang: Waktu tunggu pelayanan adalah masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan, dan salah satu komponen yang berpotensi menyebabkan ketidakpuasan adalah menunggu dalam waktu yang lama. Lamanya waktu tunggu pasien merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tempat pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan dapat meningkatkan prioritas dalam manajemen rumah sakit, dapat mencerminkan bagaimana rumah sakit tersebut dapat mengelola komponen pelayanan kesehatan yang telah disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan: untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan gigi dan mulut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien mahasiswa profesi dokter gigi RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Metode: Jenis penelitian ini merupakan cross sectional, penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan 80 sampel. Penelian dilakukan di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri dengan kriteria inklusi yaitu pasien mahasiswa profesi dokter gigi, pasien baru, pasien dengan usia diatas 17 tahun, dan pasien yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Saat pasien dilakukan perawatan peneliti menghitung waktu tunggu pasien menggunakan stopwatch dan setelah dilakukan perawatan pasien mengisi kuesioner. Hasil: Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dan didapatkan nilai signifikansi 0,000. Simpulan: terdapat hubungan waktu tunggu yang lama dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri.

Item Type: Article
Kata Kunci: Waktu Tunggu; Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Karya Dosen > Dokter Gigi
Depositing User: admin
Date Deposited: 21 Jan 2023 06:41
Last Modified: 30 May 2023 01:54
URI: http://eprints.iik.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item