Comparison of Educational Theories: Perspectives of Carol Dweck and Howard Gardner in Developing Individual Potential

Prodyanatasari, Arshy and Aji, Prayitno Mustofa and Leuwol, Ferdinand Salomo and Aminah, Siti and Maskur, Maskur (2023) Comparison of Educational Theories: Perspectives of Carol Dweck and Howard Gardner in Developing Individual Potential. Anthor: Education and Learning Journal, 2 (6). pp. 725-732. ISSN 2963-198X

[thumbnail of Similarity] Text (Similarity)
Comparison of Educational Theories_ Perspectives of Carol Dweck and Howard Gardner in Developing Individual Potential.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Teori Pemikiran Bertumbuh (Growth Mindset) oleh Carol Dweck dan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) oleh Howard Gardner dalam mengembangkan potensi individu. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan analisis perbandingan untuk membandingkan Teori Pemikiran Bertumbuh (Growth Mindset) oleh Carol Dweck dan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) oleh Howard Gardner. Dalam upaya mengoptimalkan potensi individu, pemikiran bertumbuh menekankan pentingnya sikap mental yang berkembang, memandang kegagalan sebagai kesempatan belajar, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Sementara itu, kecerdasan majemuk mengakui keberagaman kecerdasan dan mengadvokasi pengembangan semua jenis kecerdasan dalam pendidikan. Dalam pendidikan modern yang inklusif, penerapan kedua teori ini dapat memotivasi siswa untuk tumbuh dan belajar, mengembangkan kepercayaan diri, dan mengoptimalkan potensi mereka di berbagai bidang kecerdasan. Melalui pendekatan ini, pendidikan modern dapat menciptakan lingkungan yang merangsang, memfasilitasi perkembangan holistik, dan menghasilkan individu yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan memahami perbedaan dan persamaan antara kedua teori ini, pendidikan dapat mengadopsi pendekatan yang inklusif dan berfokus pada pengembangan potensi penuh setiap individu, memastikan bahwa siswa diberdayakan untuk mencapai keberhasilan akademik dan perkembangan pribadi yang optimal.

Item Type: Article
Kata Kunci: Teori Pemikiran Bertumbuh, Teori Kecerdasan Majemuk, Pengembangan potensi individu, Inklusivitas pendidikan, Perbandingan teori pendidikan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Karya Dosen > Fisioterapi
Depositing User: admin
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:38
Last Modified: 30 Aug 2023 03:38
URI: http://eprints.iik.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item
View Item